Kyanjin gompa, 13 september 2013, part 1

IMG_2496Kyanjin gompa, 13 september 2013

14 hari menghabiskan waktu di nepal memang tidak cukup untuk mengetahui secara mendalam negeri ini..perjalanan kami dimulai tanggal 7 september..tepatnya setelah selesai ujian mata kuliah terakhir di semester pertama dengan diiringi ceremony sederhana teman dari maldive yg kebetulan lg ultah..saya bersama dengan teman sekelas pergi mengunjungi nepal..banyak cerita saya dapatkan dari teman saya sebelum melakulan perjalanan ini..teman seperjalanan saya namanya osamu..mekipun berkebangsaan jepang..dia sangat lancar berbahasa nepal..sebelum kami kenal di kampus..dia menghabiskan waktu 2 tahun menjadi relawan di nepal..itulah mengapa dia sangat lancar berbicara nepal..

oke, sebenernya sebelum pergi saya sempat mencari informasi mengenai nepal..tapi setelah saya sampai di kathmandu..barulah mengerti dan percaya ttg apa yg dia ceritakan..perbedaan culture memang sangat terasa…kathmandu menurut saya bukan termasuk kota yang ramah untuk turis..fasilitas publiknya yg kurang memadai..terutama toilet umum dan alat transportasi umum menjadi kendala..kami menghabiskan waktu di kathmandu selama kurang lebih 3 hari..bersama teman baru..amrita..kami tinggal di rumahnya..tuan rumah kami sangat baik sekali..kami juga sesekali mengunjungi pasien osamu..mereka tak kalah ramahnya..hampir seharian kami di rumah pasien..dan hampir 5 kali kami ditawari makanan berat..hehe..sekedar info..di nepal orang-orang biasa mengambil makan dengan porsi besar..terutama kalau makan bardat..mereka tak akan berhenti menawari untuk nambah makan sampai kita benar2 kenyang..dan dengan harga yg sama..satu hal yg membuat saya senang dgn makanan di nepal..rasa makanannya tdk terlalu jauh dgn lidah indonesia..di rumah pasien ini pula kami manitipkan barang sebelum pergi tracking..krn amrita dalam waktu dekat harus pergi untuk melanjutkan sekolah ke jerman..pertemuan ygsekaligus perpisahan dengan amrita…good luck dear..

Catatan ini saya buat di hari ke 7 kunjungan saya di nepal bersama teman dari jepang..membuat catatan dikelilingi gunung es merupakan pengalaman pertama buat saya…nepal..tempat dimana terlahir panutan penganut budha..sindharta gautama…negeri ini memang kaya akan sejarah tentang agama budha..di budhanath kita bisa menemukan kabahnya umat budha..mereka mengelilingi stupa yg dipercaya mampu mengumpulkan energi positif dari bumi..menarik memang..proses ini seperti sai dalam umat islam..mengelilingi stupa sambil berdoa membawa tasbih..sebagai catatan..budanath terletak di katmandhu. Setelah mengunjungi tempat ini, salah satu cita-cita saya saat ini adalah ingin mengunjungi tempat bersejarah lain bagi umat beragama..yerussalem..mekkah..india.. (bersambung)

One thought on “Kyanjin gompa, 13 september 2013, part 1

Leave a Reply

